Macam Jenis Penyakit Kulit Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Jenis penyakit kulit pada anak memang beragam. Pada dasarnya penyakit kulit bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun, pada anak-anak mungkin kita harus lebih ekstra dalam menanganinya karena kulit anak masih cenderung sensitif. Berikut macam penyakit kulit yang bisa diderita anak dan cara mengatasinya.

Jenis Penyakit Kulit Pada Anak yang Perlu Kita Ketahui

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga sangat rentan untuk terkena penyakit kulit. Penyakit kulit menyerang anak dikarenakan sebab yang berbeda-beda. Dengan mengetahui jenis penyakit pada anak, akan memudahkan penderita dalam memberikan penanganan yang tepat. Inilah contoh beberapa penyakit kulit pada anak:

Lihat Juga: Kenali Berbagai Jenis Penyakit Peredaran Darah dan Penyebabnya

  1. Penyakit Eksim
    Salah satu penyakit kulit yang sering diderita anak-anak adalah eksim. Penyakit kulit ini ditandai dengan kulit merah dan gatal. Penyakit kulit ini biasanya termasuk penyakit yang kronik atau lama. Penyakit ini bisa kambuh secara tiba-tiba, namun juga bisa segera hilang. Untuk mengatasi penyakit ini bisa dengan menghindari sabun yang dapat menyebabkan iritasi, rajin menggunakan pelembab, dan menggunakan krim atau saleb obat yang sesuai.
  2. Ruam Popok
    Penyakit kulit yang satu ini biasa diderita oleh bayi dan disebabkan karena penggunaan popok. Daerah yang paling sering terkena adalah daerah bokong. Sangat diperlukan perhatian yang khusus agar kulit bayi tidak terlalu lama bersentuhan dengan air kencing dan tinja di popok. Meski terlihat sepele, namun jangan dianggap enteng. Bila tidak diatasi, bisa menjadi bentuk dasar dari dermatitis yang merupakan satu diantara macam-macam penyakit kulit yang berbahaya.
  3. Penyakit Campak
    Penyakit campak juga dapat dengan mudah menyerang anak-anak. Penyakit campak biasa disebabkan oleh virus dan dapat menyebar dengan cepat. Penyakit kulit ini juga harus diwaspadai karena bisa menyebabkan komplikasi yang serius pada anak-anak yang menderita. Bahkan jika tidak segera diatasi dengan benar, dapat menyebabkan peradangan pada paru-paru. Namun kita tidak perlu khawatir. Penting untuk mengetahui macam penyakit kulit dan obatnya. Campak dapat dicegah dengan vaksin campak. Vaksin ini dapat mengurangi resiko anak terkena campak.
  4. Penyakit Kutil
    Penyakit kulit lainnya yang juga disebabkan oleh virus adalah kutil. Kutil disebabkan oleh virus HPV. Virus HPV memiliki banyak jenis yang jumlahnya mencapai hingga 60 jenis. Kutil dapat muncul di tubuh bagian jari, lutut, siku, dan telapak tangan karena virus HPV bekerja dalam merangsang pertumbuhan sel-sel pada lapisan luar kulit kita. Pada anak, penyakit ini juga dapat mengganggu aktivitasnya. Kutil bisa dicegah dengan cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
  5. Impetigo
    Impetigo merupakan salah satu penyakit kulit yang dirasakan sangat tidak nyaman bagi anak-anak. Bahkan tak jarang, orang tua pun juga jadi ikut kebingungan. Impetigo sendiri memiliki gejala yang hampir mirip dengan kurap maupun selulitis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri. Meski dapat segera dibasmi dengan mengonsumsi antibiotik, tetap saja penyakit ini mengganggu. Penyakit kulit impetigo memunculkan ruam yang mengeluarkan air, dapat melepuh, dan berwarna merah hingga kekuningan. Ruam bisa muncul di sekitar mulut dan hidung anak. Catatan untuk penyakit ini, lebih baik jangan di garuk karena dapat menyebar dan semakin parah.

Mengetahui jenis penyakit kulit pada anak dan mempelajari cara mengatasinya sangat dibutuhkan agar penyakit kulit tersebut dapat tertangani dengan cara yang tepat.

Scroll to top