Cara Membuat Wajah Awet Muda Melalui Kolagen

Cara membuat wajah awet muda menjadi solusi bagi mereka yang ingin tampil muda dengan kulit yang masih mulus dan tidak berkerut. Salah satu hal yang ditakuti para wanita ketika beranjak tua adalah kondisi kulit yang keriput dan tidak kencang lagi. Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan yang lebih ekstra agar wajat terlihat awet muda.

Kolagen Membuat Wajah Terlihat Awet Muda

Bertambahnya usia maka kondisi fisik kita juga akan berubah, seperti kian membungkuk, kulit berkeriput, adanya flek hitam pada wajah dan lain sebagainya. Gejala penuaan inilah yang ditakuti oleh kebanyakan wanita karena dapat mengurangi kecantikan wajah. Tidak heran jika kemudian banyak wanita yang membeli produk anti-aging agar wajah awet muda dan bercahaya.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan kulit kita mengalami gejala penuaan? Kulit manusia memiliki kandungan kolagen yang bermanfaat untuk membuat kulit kenyal, bebas keriput dan mulus seperti awet muda. Sayangnya, produksi kolagen dapat menurun karena beberapa faktor. Kolagen adalah protein yang ada di dalam tubuh, tepatnya di tulang, urat, otot dan kulit.

Kolagen bermanfaat sebagai perekat seluruh tubuh dan memberikan kekuatan serta struktur tubuh. Selain itu, kolagen juga berperan dalam pergantian sel kulit lama dengan sel kulit baru. Pada usia muda, kolegen mampu menjaga kulit tetap elastis dan lembab.

Lihat juga: Berbagi Tips Awet Muda Meskipun Usia Tak Lagi Muda

Penyebab Produksi Kolagen Rusak Atau Menurun

Bertambahnya usia sering menjadi momok bagi setiap manusia, khususnya wanita. Masalah yang sering muncul ketika penuaan adalah kondisi kulit yang mulai berubah, seperti banyak kerutan, flek hitam dan mengendur. Padahal, kita selalu ingin tampil cantik meskipun usia terus bertambah.

Senyawa kolagen berperan besar sebagai cara membuat wajah awet muda dan berseri. Sayangnya, kulit dapat kekurangan produksi kolagen sehingga kesehatan kulit pun terganggu. Oleh karena itu, perhatikanlah beberapa penyebab kolagen yang terus berkurang di bawah ini.

  1. Sinar Matahari
    Adanya sinar ultraviolet (UV) pada sinar matahari mampu memecah kolagen sehingga serat-seratnya akan rusak. Begitu juga dengan protein kulit yang membuat kencang dan elastis (Elastin) akan rusak. Pemecahan kolagen membuat pertumbuhan elastin lebih banyak dan apabila jumlah elastin meningkat maka produksi enzim pemecah kolagen juga bertambah. Akhirnya kolagen akan terpecah lebih banyak lagi.
  2. Merokok
    Kebiasaan buruk ini mampu merusak kolagen dan elastin dengan ribuan bahan kimia yang terkandung dalam rokok. Zat di dalamnya mengurangi aliran nutrisi dan oksigen ke kulit sehingga dapat mengganggu kesehatan kulit dan kebiasaan ini sebaiknya dihilangkan ketika melakukan tips agar awet muda untuk wanita maupun pria.
  3. Ekspresi Wajah
    Apabila kita mengonsumsi hidangan yang sangat manis maka gula akan mengalir ke darah dalam tubuh. Gula dalam darah ini kemudian menempel pada protein dengan membentuk molekul baru bernama advances glycation ens products (AGEs). Molekul ini dapat merusak protein-protein lain yang ada di dekatnya, begitu juga dengan kolagen.
  4. Mengonsumsi Makanan Tinggi Gula
    Setiap orang pasti pernah dan bahkan sering mengekspresikan isi hatinya, seperti cemberut, tertawa, atau menyipitkan mata. Hal inilah yang dapat membuat kolagen menjadi stres sehingga lama kelamaan akan menghasilkan guratan halus berupa keriput pada wajah.

Cara Meningkatkan Volume Kolagen

Kolagen terbuat dari asam amino sehingga untuk meningkatkan produksi kolagen maka Anda harus sering-sering mengonsumsi makanan dengan kandungan asam amino esensial sebagai cara membuat wajah awet muda. Pada umumnya, zat ini ditemui pada telur, susu, ikan, daging dan makanan laut. Sebagian besar sayuran juga memiliki kandungan ini. Selain itu, produksi kolagen dapat dirangsang melalui makanan yang mengandung antioksidan (buah ceri), vitamin A, vitamin C, prolin (kedelai, keju) dan tembaga (kerang, kacang-kacangan, air minum).

Apabila Anda tidak suka dengan berbagai makanan di atas maka suntikan kolagen dapat dijadikan pilihan. Suntikan ini dapat mengembalikan kolagen alami. Pada umumnya, suntikan kolagen berasal dari sel-sel sapi atau manusia. Bahkan, ada krim yang mengandung kolagen sehingga kelenturan kulit dan hidrasinya dapat terjaga.

Jadi, bagi Anda yang berusia 40 tahun ke atas maka sudah seharusnya wspasda terhadap timbulnya kerut wajah dan kulit yang makin mengendur. Lakukan perawatan secara rutin dan ekstra agar kulit tetap awet muda. Demikian cara membuat wajah awet muda lewat kolagen, semoga bermanfaat.