9 Khasiat Obat Herbal Yang Belum Banyak Diketahui

Khasiat obat herbal yang sudah ada sejak jaman nenek moyang memang masih bisa dirasakan hingga sekarang. Sebelum mengenal obat kimia dan kemajuan dunia kedokteran seperti saat ini, obat herbal lebih dulu digunakan di dunia pengobatan untuk mengatasi berbagai penyakit. Ada banyak sekali macam tanaman obat mulai dari buah, daun, bunga dan bagian lain apda tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Kini masyarakat kembali lebih memilih jalan perngobatan herbal karena tidak memiliki efek samping negatif bagi tubuh bahkan bila dikonsumsi secara terus menerus. Berbeda dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia yang memberikan dampak atau efek negatif bagi bagian organ tubuh lainnya.

Berbagai Khasiat Obat Herbal Untuk Kesehatan

Karena Indonesia merupakan negara tropis, Indonesia memiliki kekayaan flora yang sangat beragam. Hal ini berdampak pada banyaknya varian tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat herbal. Berikut ini adalah daftar obat herbal dan manfaatnya yang berasal dari berbagai tumbuhan:

Lihat Juga: Khasiat Kandungan Obat Herbal Fiforlif Bagi Kesehatan

  1. Jeruk Nipis
    Tak hanya melegakan tenggorokan ketika dibuat menjadi minuman saja, namun jeruk nipis ternyata dapat mengobati berbagai penyakit. Kaya akan vitamin dan mineral membuat buah jeruk nipis mampu mengobati amandel, radang hidung dan tenggorokan, mimisan, kepala pusing, menstruasi tidak teratur, ambeyen dan disentri. Terlebih jeruk nipis dapat menghilangkan bau mulut.
  2. Buah Delima
    Buah delima yang cukup mudah ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia ternyata khasiat tanaman herbal ini adalah untuk menurunkan dan menetralisir kadar kolesterol dalam tubuh. Tak hanya itu, kandungan vitamin C dan berbagai zat menyehatkan yang dibutuhkan oleh tubuh membuat buah ini juga mampu menjaga kesehatan jantung tetap terjaga. Minumlah secara teratur jus buah delima dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan.
  3. Bawang Putih
    Bawang putih yang lebih dikenal sebagai bumbu dapur untuk menyedapkan berbagai masakan ini juga memiliki khasiat besar bagi kesehatan. Kandungan phytochemical dan beberapa vitamin yang penting bagi tubuh dalam bawang putih membuatnya dapat mengobati flu, batuk dan pembunuh virus serta bakteri dalam tubuh.
  4. Tempuyung
    Tempuyung yang biasanya hidup di daerah yang teduh memiliki daun bergelombang bertekstur licin dan warna hijau keunguan. Dalam daun tanaman ini terkandung zat kalium yang sangat tinggi. Zat kalium ini memiliki khasiat yang sangat besar dalam mengobati dan menghancurkan batu ginjal.
  5. Jambu Biji Merah
    Selain rasanya manis, ternyata buah jambu biji merah juga sangat kaya akan khasiat bagi kesehatan. Buah ini dapat dioleh menjadi jus atau dikonsumsi secara langsung untuk mengobati berbagai penyakit seperti sariawan, diabetes, diare, maag dan sangat baik menjadi buah pilihan saat melaksanakan diet. Buah ini juga terkenal manjur dalam mengembalikan kadar Hb dalam darah bagi penderita demam berdarah.
  6. Jahe
    Selain dijadikan sebagai bumbu atau bahan minuman penghangat badan, jahe juga berperan sebagai obat herbal. Manfaat obat herbal alami jahe yang merupakan tanaman rimpang ini sangat banyak. Hal ini dikarenakan kandungan gingerol yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh, menghambat penuaan dini, dapat mencegah dan mengobati masuk angin serta sakit kepala atau migrain. Parutan jahe juga dapat dijadikan sebagai obat oles untuk kaki yang terkilir atau keseleo.
  7. Temulawak
    Sama seperti jahe, tanaman rimpang temulawak yang selama ini sudah dijadikan sebagai salah satu bahan pembuatan jamu tradisional memiliki bergama khasiat untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit. Lebih dari tujuh macam zat terkandung dalam temulawak seperti turmenol, borneol, pati, protin, serat. Kurkumin, kamfer, sineal, xanthorhozol dan masih banyak lagi. Manfaat bagi kesehatan dengan mengonsumsi temulawak antara lain dapat mencegah penggumpalan darah pada tubuh, dapat mengurangi nyeri atau linu pada sendi dan tulang, mengoptimalkan dan memperbaiki sistem pencernaan dalam tubuh serta melancarkan proses metabolisme dalam tubuh karena peningkatan aktivitas cairan.
  8. Lidah Buaya
    Selain dijadikan tanaman hias, lidah buaya juga dapat mengobati beragam penyakit dengan berbagai kandungannya seperti berbagai vitamin, mineral, soium, kalium, kalsium, seng, asam volat dan asam amino. Lidah buaya dapat dijadikan sebagai bahan untuk antioksidan dan antibiotik. Khasiat obat herbal dari bahan alami lidah buaya tentunya tak memiliki efek samping dan aman diaplikasikan dalam kurun waktu lama.
  9. Daun Sirih
    Daun sirih dahulu digunakan untuk “nginang” dengan bahan-bahan lain seperti gambir dan kapur sirih. Namun kini kebiasaan tersebut sudah jarang dilakukan. Namun khasiat daun sirih semakin banyak ditemukan seperti dapat menghilangkan bau badan, mengobati keputihan, mampu mengobati gusi bengkak dan sakit gigi karena gigi berlubang, menghilangkan bau mulut dan sariawan, mengobati gatal-gatal serta dapat mengobati mimisan. Cukup dengan minum air rebusan daun sirih, berkumur atau membasuh dengan air rebusan daun sirih.

Demikianlah informasi tentang berbagai khasiat obat herbal yang ada di sekitar. Obat herbal merupakan pilihan yang tepat karena tidak mengandung efek samping. Semoga bermanfaat.

Scroll to top